20 August 2008

Quickening = gerakan pertama bayi yang terasa

Pasti banyak yang nggak tahu arti judul post ini. Dalam kamus Oxford quicken berarti tahap kehamilan dimana bayi memperlihatkan tanda-tanda kehidupan. Quickening berarti waktu pertama kali merasakan gerak janin. Suatu "milestone' yang paling dinanti-nantikan oleh seorang wanita hamil.

Quickening sering dilukiskan sebagai denyutan/kedutan. Awalnya agak sulit membedakan apakah yang terasa bergerak itu adalah udara dalam perut ataukah gerak janin. Pada kehamilan pertma gerakan bayi tidak akan terasa sampai usia 18-20 minggu.

Yang mengalami kontak langsung dengan gerakan bayi adalah dinding rahim ibu oleh karena itu ukuran tubuh ibu atau tebalnya lemakt idak akan mempengaruhi terarasanya gerak. Pada wanita yang pernah melahirkan, dinding ototnya lebih relaks sehingga lebih sensitif merasakan gerakan janin. Bahkan bisa dirasakan pada kehamilan 14 minggu.

Gerak janin bisa timbul akibat rangsangan suara bising atau emosi ibu. Posisi ibu yang tidak nyaman juga menyebabkan bayi akan bergerak menyesuaikan. Makanan tertentu yang membuat badan 'panas' seperti makanan pedas akan membuat gerakan bayi menjadi lebih meningkat.

Milestone berikutnya adalah dimana orang lain juga bisa merasakan gerakan bayi dari luar. Bahkan pada dinding rahim dan perut yang tidak tebal, siluet gerakan bayi bisa terlihat dari luar (lihat foto). (Sumber Wiki, APA dan About.com)

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk