27 July 2008

Bercak Haid (Spotting)

Bercak yang timbul pada masa haid jika tidak diikuti timbulnya haid 3-4 hari kemudian bisa berarti memang itulah haid. Tetapi jika setelahnya timbul haid normal hal ini disebut bercak pra-haid.

Dalam istilah kedokteran haid yang cuma bercak ini disebut hipomenorea yaitu perdarahan haid yang lebih pendek dan/ atau lebih kurang dari biasa. Ganti pembalut hanya 1-2 kali/hari serta lamanya 1-2 hari saja.

Penyebabnya adalah kelainan/gangguan hormon, kekurangan hormon estrogen dan progesteron. Pada keadaan seperti ini sebetulnya tidak membutuhkan pengobatan. Jika ingin diobati juga maka dapat diberikan pil KB kombinasi estrogen-progesteron pada hari 16-25 dihitung sejak bercak timbul. Bulan berikutnya haid sudah akan muncul seperti biasanya.

Pada bercak yang timbul kemudian diikuti oleh haid (bercak pra-haid) disebabkan oleh menurunnya hormon estrogen diawal haid. Disamping disebabkan oleh hormon perlu juga dipikirkan kemungkinan adanya sebab non=hormon seperti polip leher rahim atau erosi (lecet) pada leher rahim.

Pengobatan bercak pra-haid secara sederhana dapat diberikan pil KB (kombinasi estrogen-progesteron) pada hari ke18-25 haid dihitung mulai haid yang sesungguhnya (bercak tidak dihitung).

Bercak Paska Haid
Adalah Perdarahan yang timbul setelah haid. Lamanya bisa mencapai 7 hari. Penyebabnya adalah terlambat lepasnya endometrium (lapisan dalam rahim yamg menebal lalu lepas menjadi darah haid).

Perlu dilakukan pemeriksaan sitologi vagina dan hormonal. Untuk wanita diatas 35 tahun perlu dilakukan pengambilan sample endometrium guna menyingkirkan keganasan.

Pengobatannya: memakai pil KB dari hari ke 16-25 haid atau cara lainnya : hari ke 6-16 siklus haid diberikan hormon estrogen, dan hari 16-25 dibeikan kombinasi estrogen & progesteron.

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk