07 November 2008

Menghitung gerakan bayi dalam kandungan

FETAL MOVEMENT COUNT, merupakan kegiatan menghitung gerak janin. Dapat dilakukan oleh ibu untuk memantau kesehatan bayi yang dikandungnya. Gerak bayi yang cukup mengindikasikan bayi yang sehat sedangkan gerak bayi yang berkurang merupakan sinyal peringatan akan adanya gangguan kesejahteraan janin (fetal well-being).

Dalam beberapa penelitian didapatkan dapat menurunkan risiko kematian janin pada kehamilan berisiko rendah (kehamilan fisiologis). Sedangkan pada kehamilan yang berisiko seperti pada ibu diabetes atau ibu dengan hipertensi terbukti tidak menurunkan risiko kematian janin. Tetapi tidak ada salahnya melakukan pemantauan.





Ada berbagai cara penghitungan tetapi ada 2 yang biasa dipakai:
PERTAMA : CARDIFF (COUNT TO TEN)
Cara ini dilakukan dengan menghitung gerak janin sampai hitungan ke 10. Dilakukan sambil tetap melakukan aktifitas sehari-hari, baik dirumah ataupun dikantor. Penghitungan dihentikan jika sudah mencapai 10 gerakan yang artinya kondisi bayi ibu oke. Biasanya dalam kondisi normal maka gerakan bayi akan banyak jumlahnya. KLIK DISINI untuk melihat Tabel penghitungan. Kalau belum mencapai hitungan 10 setelah 12 jam, maka segera periksakan diri ke SpOG langganan untuk pemeriksaan CTG (CardioTokoGrafi)(=Non Stress Test=NST) yaitu merekam pola denyut jantung bayi dan pemeriksaan USG.

KEDUA : SARDOVSKY (FOUR IN ONE HOUR)
Cara ini dilakukan dengan tidur miring kekiri, lakukan hitung gerak janin selama 1 jam (bosan ya...). Jumlah minimal gerakan dalam satu jam 4 kali. Jika gerakan kurang dari 4 kali maka dianjurkan minum segelas air manis (syrup), satu jam kemudian lakukan hitung ulang dengan cara yang sama. Jika hasilnya teap kurang dari 4 segeralah memeriksakan diri untuk dilakukan CTG dan USG.

KETIGA : PAKAI GADGET : KICK TRACK
Gadget ini banyak dipakai oleh celeb amrik seperti: Jennifer Lopez, Gwen Stefani and Nicole Kidman. Dengan alat portable ini diharapkan 10 gerakan dalam 2 jam. Harganya $39.95, dapat dibeli di e-bay. (Ayo buruan beli biar kayak celeb amrik..he...he...he...)

Kapan sebaiknya sebaiknya penghitungan mulai dikerjakan? Mulai usia hamil 28 minggu untuk yang low-risk dan 24 minggu bagi yang high-risk. Jadi luangkan sedikit saja waktu para mom 2 B demi buah hati yang sedang dalam kandungan.

Posting ini di re-post lagi untuk lebih mengingatkan bumil dan bu bidan agar nggak "kecolongan" karena nggak pernah tahu /anggap remeh (*jangan sampai*). Jika gerak janin berkurang segera lakukan pemeriksaan CTG/ KTG guna memastikan kesehatan bayi. Karena monitor denyut jantung biasa sifatnya pemeriksaan sesaat, bisa saja saat denyut menurun sedang tidak diperiksa, sedangkan CTG/KTG monitor dilakukan kontinu selama kurang lebih 30 menit, sehingga jika terjadi gawat janin akan terdeteksi.
Selamat menghitung.....

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk