29 July 2008

Hymen : Fakta Lainnya

Hymen diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia selaput dara. Sebutan lain dalam bahasa Inggeris maidenhead. (Ditelusuri dengan google hasilnya berupa sebuah kota di Berkshire Inggeris lebih kurang 41.4 km dari London).



Hymen merupakan suatu lipatan membran mukosa yang mengelilingi liang vagina. Namanya berasal dari bahasa Yunani kuno "hymenaeus," yang berarti lipatan vagina. Hymen juga nama dewa yunani yaitu dewa perkawinan.

Nama slank dalam bahasa Inggerisnya 'CHERRY' seperti pada frasa "popping one's cherry" (=menghilangkan virginitas seseorang). Setelah melahirkan normal (per-vagina) sisa hymen disebut carunculae atau tidak bersisa sama sekali. Secara anatomi tidak diketahui fungsinya, diduga diciptakan Tuhan untuk memperlihatkan tanda kejujuran virginitas.

Beberapa bentuk hymen: (bayangkan posisi jarum jam)
# Bentuk Crescent: tidak terdapat jaringan hymen pada jam 12. Jaringan hymen mulai ada pada jam 1 atau 2 berupa pita kecil yang semakin membesar secara maksimal pada jam 6 begitu seterusnya secara simetris akan mengecil kembali pada posisi jam 10 atau 11.
# Bentuk Annular: bentuknya seperti cincin melingkari liang vaginam biasa ditemukan pada bayi perempuan
# Bentuk Redundant: melipat dan kadang2 menonjol kearah dalam.

Bentuk yang jarang: Fimbria atau Denticular, Septum (sekat), Cribriform atau lubang kecil2, vertikal (seperti bibir vagina yang ketiga) dan imperforata (nggak ada lubang).

Mamalia lain yang juga punya hymen: tupai, rusa, kodok, kelelawar, kucing, simpanse, gajah, anjing, kuda, tikus dan lain2. (Sumber: English Wikipedia)

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk