16 July 2008

OPERASI HAULTEIN...BUKAN OPERASI KETUPAT-LILIN


Hari ini aku dapat kasus yang agak jarang ditemukan, karena semua ibu2 bidan seperti angga putri - kan sudah pandai dalam melakukan pertolongan persalinan. Terutama dalam melahirkan ari2 atau tembuni atau plasenta, dikenal istilah PTT (Penarikan Talipusat Terkontrol/terkendali) atau bahasa kerennya "Cord Traction Control" yaitu dilalukan penarikan talipusat sambil melakukan manuver tertentu (BRANDT-ANDREW). Talipusat baru ditarik sempurna jika plasenta telah lepas.

Kasus dimaksud adalah inversi0 uteri (=rahim yang membalik/melipat keluar) Gambar: CLICK HERE. Pada kasus-ku rahim melipat tidak sampai keluar rongga vagina , seperti pada gambar contoh diatas. Rahim hanya melipat sampai setengah jalan saja (derajat 2).

Tindakan awal seperti mengatasi syok sudah dilakukan. Selanjutnya dilakukan reposisi dari luar dengan pembiusan...(GAMBAR), masih tidak berhasil. Akhirnya diputuskan melakukan tindakan pembedahan membuka/membelah perut (laparotomi) untuk melakukan reposisi dari dalam.

Setelah perut dibuka...ring kontriksi (bagian rahim yang menyempit) disayat tegak lurus (GAMBAR) baru kemudian bagian yang terbalik (inversio) dikembalikan ke posisi semula.Tindakan operasi ini disebut : OPERASI HAULTEIN

Atas kebaikan pegawai RSU Propinsi, didapatkan tiga orang yang bersedia mendonorkan darahnya, masing2 350 cc. Semoga budi baik bapak dan ibu mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. AMIN


PS
Untuk yang mau lebih ngilmu/iah CLICK HERE

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk