17 October 2008

Konsultasi Hasil USG : Uterus Bicornus

Subject: Mohon info
Message: Salam,
Dok, saya habis check ke dokter gynecolog di sini prancis, tapi berhubung kendala masalah bahasa, jadi saya hanya mengerti sedikit2, dan saya ingin tahu lebih jauh ke dokter. bulan lalu saya ada masalah keluar darah dr vagina, dikit tapi selalu, kadang coklat, item atau fresh, tapi tdk berbau, tdk gatal, dan tidak sakit di bagian perut, setelah cek dikatakan hanya hormonal, dan tdk diberi obat, setelah saya mens, semuanya berenti. tapi setelah usg ada masalah dgn uterus saya, ini hasil usg dlm bahasa prancis...:

Examen realise par voie sus pubienne montrant un uterus bifide avec deux cornes bien distinctes
L\'endometre apparait epaissi au niveau de la corne droite
Au niveau de la demi-corne gauche, il existe une formation myomateuse interstitielle posterieure de 11 mm, l\'endometre est plus mince
Il semble exister au-dessus de l\'isthme un pont vacularise entre les deux hemi-cones
Il n\'a pas ete possible de realiser d\'echographie endo vaginale ni d\'examen sous speculum pour preciser l\'aspect du col
Un seul ovaire est mis en evidence a cote de la corne gauche avec un follicule de 12 mm.

saya ingin tanyakan apakah saya punya myom yg bahaya itukah atau itu hanya istilah? dan juga uterus/rahim saya ada sekat atau pemisah kah? apa maksudnya? dan juga soal ovariumku hanya satu atau gimana? saya benar2 bingung, dan saya tanya dokternya dan dia bilang tdk bahaya dan jgn kuatir....
mohon penjelas dokter.

terima kasih banyak dok

Kata dr Didi Kusmarjadi SpOG
Terjemahan indonesia-nya lebih kurang sbb :

Pemeriksaan dengan USG dari luar (trans-abdomen tepatnya supra pubic=bagian antara bawah pusatdan kemaluan) memperlihatkan gambaran uterus bicornus ( Lihat gambar ini atau mau yang lebih ramai lihat gambar ini), yaitu rahim dengan dua tanduk. Lapisan dalam rahim (endometrium) menebal pada tanduk (cornu) kanan. Pada bagian tanduk kiri terdapat massa di dalam otot rahimnya ukuran 11 mm dan endometriumnya juga lebuh tebal. Terdapat hubungan pembuluh darah antara kedua hemicon didaerah istmus.
Tidak bisa dilakukan USG transvaginal atau pemeriksaan spekulum didalam air untuk menentukan aspek bagian "col" (neck?) rahim ?
Satu ovarium terlihat di bagian cornu kiri, terdapat follikel seukuran 12 mm

Wah terjemahannya agak kurang bagus ya...

Intinya gini : kalau bahaya sih ya jelas nggak lah. memang rahim ibu ada kelainan kongenital (bawaan lahir ) berupa uterus bikornus. Ini gambar uterus bikornus dari laparoskopi dan ini dari USG 3D. Kondisi ini sebetulnya tidak menyebabkan infertlitas. Karena pada kasus ibu juga masih ditemukan ovarium yang normal. Cuma jika ibu hamil jika tidak mendapatkan perawatan yang baik maka kehamilan dapat mengalami keguguran atau lahir kurang bulan.

Uterus bikornus berbeda dengan uterus sptate (ada sekat). Bedanya dengan uterus yang berseptum (bersekat) dapat dilakukan USG 3 D karena dengan hysteroskopi ataupun HSG masih sulit dibedakan. Keduanya mirip tapi jelas beda.

Soal ovarium yang cuma satu sudah cukup untuk bisa hamil serta serta memenuhi kebutuhan hormon.Memang ada miom kecil ukuran 11 mm di cornu kiri, juga nggak berbahaya...makanya dokternya bilang : pas dangereux et ne vous inquiétez pas.
aku tambahin ini : ne pas confondre

Chaud ce qui concerne

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk