23 December 2008

Primigravida Tua


Primigravida Tua adalah wanita yang hamil untuk pertama kali dengan usia diatas 30 tahun (dalam bahasa inggrisnya : elederly primigravida). Terbagi lagi menjadi dua yg pertama adalah nikah lambat tetapi cepat hamil yang kedua nikah cepat tetapi lambat hamil, yang terakhir ini lebih kurang menguntungkan dari segi obstetrinya dan mendapat perhatian ekstra. :D

Selama kehamilan terdapat/terjadi insiden yang lebih tinggi dari: abortus, Preeklampsia, Solutio Plasenta, mioma uteri, kecendrungan prematuritas, serta gangguan pertumbuhan janin.

Komplikasi persalinan juga lebih tinggi, berupa : persalinan kurang bulan, persalinan yg memanjang (prolonged labor), maternal dan fetal distress, meningkatnya persalinan dengan tindakan, dan retensi plasenta. Sedangkan pada masa nifas terjadi infeksi serta kegagalan laktasi.

Mengingat banyaknya komplikasi yg mungkin terjadi maka kelompok ini dimasukkan kedalam kehamilan risiko tinggi. Sejak antenatal diperlukan supervisi terhadap kehamilannya. Berikut prinsip2nya yag sebaiknya diikuti: pertama induksi sering kurang memuaskan maka sebaiknya pertimbangkan cesar. Kedua USG dan Rontgen harus dilakukan sebelum cesar untuk memastikan kelainan congenital tulang pada bayi Ketiga pertimbngkan adanya komplikasi lain dari kehamilannya.

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk