16 May 2009

Penyakit Gondok dalam kehamilan

Kelenjar gondok (thyroid) disebut juga Buah Apel Adam, berlokasi pada daerah leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang juga sesuai dengan nama kelenjarnya, yang fungsinya mengatur metabolisme tubuh.
Hormon thyroid penting dalam mengatur energi tubuh, penggunaan vitamin serta hormon lain dan pertumbuhan serta maturasi jaringan tubuh. Penyakit kelenjar gondok (PKG) bisa akibat dari kurangnya produksi hormon (hypothyroid) atau berlebihnya produksi hormon (hyperthyroid).

Hypothyroid dalam kehamilan
Diagnosisnya sulit karena wanita dengan hypothyroid biasanya susah hamil (gangguan kesuburan). Diagnosis berdasarkan klinis juga sulit dilakukan karena gejala2 klinis hipotyroid seperti kelelahan, penambahan berat badan, kesemutan dll juga ditemui pada wanita hamil normal lainnya.

Hypothyroid dalam kehamilan yang tidak terdiagnosa, meningkatkan risiko terjadinya kematian janin (lahir mati) atau gangguan pertumbuhan janin. Juga meningkatkan risiko pada ibu berupa anemia (kurang darah), eklampsia (tensi tinggi plus kejang) dan lepasnya ari2 sebelum waktunya (solusio plasenta).

Barangkali kelompok terbesar wanita yang akan mengalami hypothyroid dalam kehamilan adalah mereka yang sedang menjalani pengobatan/terapi sulih thyroid. Dosis thyroxine selama hamil idealnya dinaikkan 25-50% selama kehamilan. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan rutin kadar T4 dan TSH selama kehamilan.

Hyperthyroid dalam kehamilan.
Diagnosis hyperthyroid dalam kehamilan terjadi 1 dalam 2000 kehamilan. Jika hyperthyroidnya ringan, maka gejala klinisnya tidak jelas, karena wanita hamil juga mengalami gejala yang sama. Namun demikian jika mengalami gejala penurunan berat yang signifikan, muntah2 dan peningkatan tekanan darah dan nadi (persisten), sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah akan adanya hyperthyroid. Hyperthyroid yang tidak diobati dapat menyebabkan penambahan berat badan yang kurang/rendah.

Pengobatan hyperthyroid dalam kehamilan dipergunakan obat2an seperti Propylthiouracil (PTU) atau methimazole (Tapazole) yang merupakan obat lapis pertama (first line). Kedua obat ini sama efekifitasnya serta tidak meningkatkan risiko efek samping jika dikonsumsi saat hamil.

Iodine dapat masuk lewat plasenta, sehingga penggunaannya untuk scan kelenjar ini dilarang saat kehamilan. Salah satu hal yang positif pada wanita hamil dengan hyperthyroid adalah membaiknya Grave's disease atau Hashimoto thyroiditis disaat kehamilan.

Penyakit gondok paska persalinan.
Beberapa wanita bisa mengalami peradangan thyroid yang terjadi dalam 3-6 bulan paska melahirkan. Juga bisa terjadi setelah keguguran. Gambaran awal klinik klasiknya berupa adanya gejala hypo terus hyper akhirnya normo-thyroid (normal). Wanita dengan diabetes type I memiliki risiko 25% terkena gangguan thyroid paska melahirkan.

Penyebab Hypothyroid
* Kehilangan jaringan thyroid : akibat operasi atau rusak akibat radiasi.
* Antibodi Antithyroid: bisa terjadi pada penderita diabetes atau Lupus, rheumatoid arthritis, chronic hepatitis, atau Sjogren syndrome.
* Bawaan lahir
* Gangguan produksi: Hashimoto thyroiditis.
* Obat-obatan: beberapa obat bisa menyebabkan hypothyroid misalnya lithium (Eskalith, Lithobid).

Penyebab Hyperthyroid
* Grave's disease: suatu kelainan thyroid yang bersifat auto-imun, artinya ada zat tertentu dalam darah (TSI) yang merangsang thyrod sehingga membesar dan menghasilkan hormon yang berlebihan.

* Peradangan kelenjar thyroid (thyroiditis): misalnya Quervain thyroiditis atau Hashimoto thyroiditis. Peningkatan produksi hormon akibat reaksi peradangan (inflamasi).

* Tumor kelenjar hipofise (Pituitary adenoma): tumor ini menyebabkan peningkatan TSH (Thyroid Stimulating Hormone)sehingga menyebabkan hyperstimulasi thyroid.

* Hyperthyroid akibat obat2an (drug induced): sering disebabkan oleh obat jantung yang dinamakan amiodarone (Cordarone). Bisa dicegah dengan memantau ketat efek samping obat serta mempertimbangkan untung ruginya pemakaiaj obat ini.

Gejala2 hypothyroid pada bayi:
* Konstipasi (susah BAB)
* Gak mau makan
* Gangguan pertumbuhan
* Kuning
* Capek deh...(kelelahan yg berat)

Gejala2 hypothyroid pada anak2:
* Mirip gejala org dewasa
* Capek
* Gangguan pertumbuhan
* Begok banget di sekolah

Gejala hypothyroid pada orang dewasa:
Awal
* Mudah capek dan kelehlahan
* Gak tahan dingin
* Konstipasi
* Nyeri di lengan (Carpal tunnel syndrome)

Lanjut
* Kurang nafsu makan
* Penambahan BB
* Kulit kering
* Rambut rontok
* Penurunan intelektual
* Suara serak
* Depresi
* Gangguan haid atau haid menjadi kurang

Gejala hyperthyroid pada anak2:
* Mirip gejala orang dewasa
* Kepandaian menurun
* Gangguan tingkah laku

Gejala hyperthyroid pada orang dewasa:
* Susah tidur (Insomnia)
* Tremor (Gemetaran)
* Gugup (Nervous)
* Merasa kepanasan pada suhu normal atau dingin
* Gerakan usus meningkat
* Penurunan berat badan
* Keringat berlebihan
* Gangguan haid (terhenti)
* Nyeri sendi
* Susah konsentrasi
* Mata kelihatan melotot

Pemeriksaan Lab
* Thyroid-stimulating hormone (TSH): Jika hyper maka kadar TSH biasanya rendah.
* Free (T4): T4 tinggi memperlihatkan adanya hyper.
* Triiodothyronine (T3): T3 tinggi memperlihatkan adanya hyper.
* TSH receptor antibody (TSI): antibodi ini ada pada Grave's disease.
* Antithyroid antibodi: antibodi ini ada pada Hashimoto dan Grave's disease.

Thyroid scanning: test ini gak boleh dilakukan pada wanita hamil. Sejumlah iodine disuntikkan ke dalam darah, alau dilakukan scanning kelenjar thyroid. Jika uptake-nya meningkat maka menunjukkan adanya hyperthyroid.

USG thyroid: membantu membedakan type nodul pada kelenjar thyroid.

Aspirasi jarum halus: jarum kecil ditusukkan pada kelenjar thyroid dengan tujuan memperoleh sampel pemeriksaan PA.

Obat2an untuk hyperthyroid
* Beta-blockers: mengurangi tremor, gugup dan agitasi. Juga menurunkan frekuensi detak jantung.

* Propylthiouracil (PTU): obat ini mem-block pembentukan hormon thyroid.membutuhkan waktu beberapa bulan untuk memperoleh efek terapi yang sempurna.

* Methimazole (Tapazole): kerjanya juga mem-block pembentukan hormon thyroid.

* Iodide (Larutan Lugol): obat ini bekerja menghambat lepasnya hormon dari kelenjar yg over-produksi.

Obat2 untuk hypothyroid
* L-thyroxine (Synthroid, Levoxyl, Levothroid, Unithroid): obat ioni merupakan terapi sulih hormon thyroid. Merupakan bentuk sintetik dari thyroxine.

* L-triiodothyronine: jarang dipakai karena efeknya gak sebagus L-thyroxine.

* Thyroid extract: kurang dianjurkan karena T3 nya lebih banyak serta kadar T3/T4 nya bervariasi.

Pembedahan
Pembedahan untuk hyperthyroid yaitu dengan mengangkat/membuang jaringan yang thyroid yang membesar. Risiko tindakan ini yaitu bisa merusak saraf pita suara dan kelenjar para thyroid (yang mengatur kadar kalsium tubuh). Hypothyroidism bisa juga terjadi akibat tindakan. Jika terjadi persisten hyperthyroid maka seluruh kelenjar harus diangkat. Namun di tangan seorang ahli bedah yang berpengalaman, komplikasi di atas jarang terjadi.

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk