04 January 2010

Kriteria Dokter Yang Baik

Dokter yang baik? Pasti akan berbeda-beda menurut pasien. Sesuai dengan suatu penelitian di Inggris yang menanyakan ke pasien tentang kriteria dokter yang baik, diantaranya harus: pengertian, jujur, rasa kemanusiaan, empati, respek, kreatif dst banyak lagi. Berikut ini akan dibeberkan beberapa kriteria dokter yang baik berdasarkan kriteria yang dikeluarkan salah satu buletin WHO serta beberapa pendapat orang non-kesehatan.

Salah satu ciri dokter yang baik menurut aku adalah dokter yang selalu mendoakan pasiennya selalau dalam keadaan sehat2 semua (gak ada pasien jadinya karena gak ada yang sakitgelakgulinggelakgulinggelakguling), doa lengkapnya sebagai berikut:
Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang sehatkanlah selalu semua orang, dan kalaupun ada yang sakit juga, maka gerakkanlah hatinya untuk berobat ke aku..AMIN
Doanya rada2 mirip doa Abu Nawas ya... (Bahwa dia tidak layak masuk surga, tetapi juga tidak tahan azab neraka sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi)

Dalam salah satu publikasi WHO dokter dengan kualitas bintang 5 memiliki ciri sebagai berikut:
1) Responsif terhadap kebutuhan kesehatan pasien secara total
2) Menggunakan secara optimal teknologi kesehatan yang terbaru
3) Mempromosikan gaya hidup sehat
4) Seimbang antara pasien dan harapan masyarakat
5) Bekerja secara efisien di dalam tim

Ngertikan ? ha ha ha aku juga gak ngerti....

Ini yang lebih sederhana:
Dokter yang baik harus ada 3 kualitas:
ilmu, empati dan filosofi

Ilmu
Dokter yang baik harus berilmu dan selalu mengikuti perkembangannya. Harus bisa mendiagnosa penyakit dengan baik serta tahu persis bahwa dia tidak terlalu berlebihan atau terlalu kurang dalam memberikan terapi.

Empati
Dokter yang baik harus memiliki EQ yang tinggi, pribadi yang hangat, pendengar dan komunikator yang baik, dan mampu memberi inspirasi terhadap pasiennya.

Filosofi
Dokter yang baik harus merupakan seorang filosofer yang baik pula. Memperlakukan pasiennya secara menyeluruh (holistik). Harus terbuka juga untuk pengobatan2 alternatif pada kasus2 dimana pengobatan barat "angkat tangan". Bersifat bijaksana dan sederhana (humble) serta tidak arogan.

Masih bingung ? Ini ada lagi pendapat lain tentang ciri dokter yang baik.

Dokter yang baik harus memiliki kriteria ASK
A = Atittitude
Peduli terhadap pasiennya, niat awal/utamanya untuk menolong pasien, bukan mencari harta dan nama.

S = Skill
Mampu membuat diagnosa yang baik, tanpa perlu melakukan pemeriksaan mahal2 yang tidak diperlukan pasien (mubazir)

K = Knowledge
Memilki ilmu yang luas serta selalu update.

Ini ada yang lain (translate sendiri ya. pakai google translate sajajelirjelirjelir)
A good doctor is sincere, dedicated and courteous. He is able to complement his medical knowledge and clinical judgement with humanistic qualities of integrity, respect and compassion. He sees his patients as fellow human beings and not as a ‘case’ with an illness. A good doctor is one who not only demonstrates professional competence, but also one who manifests personal qualities of patience, maturity and confidence. He listens attentively to his patients’ complaints and tries to answer all their questions to the best of his knowledge. With his older patients, he does not attribute their medical problems to old age and equate aging with mental and physical decline. He is sensitive to his patients’ special needs, particularly their emotional needs and general well-being. He avoids robotic prescription of drugs but rather, helps his patients identify the underlying causes of their problems. His patients are comfortable about discussing even their sexual problems with him. Last but not least, he treasures his relationship with his patients based upon mutual respect and open communication.


How about me / my self ? Still not fullfill the criteriassembahsembahsembah

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk