2008-08-02

Kapan kepala masuk ?


Kapan kepala bayi seharusnya masuk ke bagian pintu atas panggul (=PAP)? Pertama2 harus diluruskan dulu pengertian kepala masuk. Bukan berati kepala sudah dibagian bawah. Masuk disini dalam bahasa medisnya "engage" atau past tense lebih tepat "engaged". Kata bendanya "engagement" (bisa juga artinya: tunangan ya). Jadi kepala bayi yang sudah dibawah belum tentu engaged. Engagement jika bagian kepala yang paling lebar yakni diameter biparietal (BPD) sudah melewati pintu atas panggul (pelvic inlet) lihat gambar dibawah ini.



PAP merupakan bidang antara bagian atas tulang kemaluan (simfisis) dan ujung tulang belakang yg sejajar (promontorium). Pada gambar terlihat garis berpanah hitam adalah BPD sedangkan garis satunya lagi adalah PAP. Gambar yang kiri garis panah hitam masih berada diatas garis PAP artinya kepala belum engaged. S Gambar yang kanan sebaliknya. Sekarang sudah jelas mana kepala yang sudah masuk dan mana yang belum. Bahakan ada kepala yang sudah sangat masuk sehingga jika diperiksa dalam (VT=Vaginal Touche) kepala akan teraba dekat sekali. Istilahnya deeply engaged.

Kapan waktunya kepala masuk ? Hasil browsing dengan keyword "baby's head engagement" aku temukan usia 33-34 minggu kepala sudah mulai kebawah bukan enganged (dari forum diskusi yang kurang ilmiah). Dari buku teks kepala sebetulnya engaged berbeda pada hamil 1 (primigravida) atau 2 seterusnya (multigravida). Pada primigravida engagement terjadi pada saat usia kehamilan ≥38 minggu. Sedangkan pada multigravida kepala pada umumnya baru engaged pada saat persalinan.

Makanya pada primigravida wajib dilakukan pemeriksaan panggul saat usia kehamilan 38 minggu (itu kata buku teks) dengan di VT. Bagi wanita hamil pasti nggak nyaman ...redfaceredfaceredface. Secara praktis-nya dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan secara selektif saja. Kalau semua pasien di-VT pasti pasien SpOG-nya nggak rame, 'tul nggak mom atau mom 2B? (Atau malah rame biggrinbiggrinbiggrin ???). Selektif pada ibu pendek (TB kurang 145 cm) atau jika TB ibu normal bayinya besar (tidak seimbang kepala panggul=CPD=Cephalo-Pelvic Disproportion). Kalo yang dua kasus ini mau nggak mau harus mau ya...demi kebaikan mom and baby.

Cara lain adalah dengan meraba dari luar atau dengan pemeriksaan rontgen (pelvimetri). Lihat gambar dibawah ini : nama pemeriksaannya Leopold. Gunanya untuk memeriksa posisi janin dan apakah kepala sudah masuk atau tidak. Gambar C merupakan pemeriksaan untuk memeriksa apakah kepala sudah masuk PAP.



Untuk yang pelvimetri rontgen nggak ketemu gambarnya. Tapi yang ini bisalah dilihat sebagai perbandingan/ilustrasi.....KLIK DISINI

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk