26 August 2008

KONSULTASI: USG 4 D, AFI DAN BERAT JANIN

TANYA

Tgl 21 Agustus lalu saya sudah melakukan USG 4D di rumah sakit.
Saya ada beberapa pertanyaan, mohon dokter bantu perjelas :
1. Hasil USG Angka AFI = 8.18 cm : kata dokternya ketuban saya kurang banyak,apa betul dok?apa yang harus saya konsumsi selain air putih supaya air ketuban bisa meningkat?
2. HPHT 25 Jan 2008, pada tgl 21 Agt usia kandungan saya 29wk 6d, Hasil USG usia janin 29wk 2d.Yang paling akurat yang mana dok?
3. Berat janin 1293 gram apa normal dok? kalo saya baca di hasil USG ditulis untuk berat 1293 gram usia janin 28 wk 3d, apa artinya bayi saya beratnya kurang?
4. Setelah melakukan USG 4D kira-kira 1- 2 minggu sesudahnya apakah masih aman melakukan USG 2D ?
Mohon bantuan dokter untuk menjawab pertanyaan saya tsb .... Terima kasih banyak.
Salam
-----------------------------------------------------------------------------
JAWAB

1. Untuk AFI 8.18 itu masih tergolong normal. Yang dikatakan sedikit adalah jika kurang dari 5. Sedangkan yang dikatakan banyak adalah jika lebih dari 18 atau ada yang menyebut lebih 20 atau 22 tergantung penelitiannya. Sedangkan pembentukan air ketuban sendiri masih akan terus berlangsung sampai akhir kehamilan. Puncak produksinya adalah usia kehamilan 34 minggu. Setelah itu masih produksi tetapi minimal. Jadi ibu tenang aja.
2. Dua2 akurat karena beda dalam hari tidak signifikan. Usg dijadikan patokan utama jika ibu lupa dengan HPHT (hari pertama menstruasi). Tetapi jika ibu ingat pasti dan siklus haid ibu selama 3 bulan terakhir menjelang hamil teratur, maka haid ibulah yan dijadikan patokan. USG hanya memantau cocok tidaknya perkembangan janin ibu.
3. Berat janin ibu masih dalam batas normal. Biasanya perbedaan 10 % masih bisa ditolerir mengingat akurasi alat dan kemampuan sonografer
4. USG 1-2 minggu setelahnya aman kok bu, tapi apa memang disuruh DSOG nya atau kemauan sendiri. Jika ada keperluan diagnosis tertentu memang kadang2 pasien disuruh untuk USG kembali 2 minggu setelahnya. Tapi kalau memang nggak ada perlunya ya nggak usah bu.

Salam Juga
Didi K MD Obstetrician and Gynecologist

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk