25 October 2008

Salt Poisoning

Keracunan garam dan Hannah Overton (HO) dua pencarian dalam status VOLCANIC. Hubungan antara keduanya adalah HO dituduh membunuh anak angkatnya dengan cara memberikan garam secara berlebihan (salt poisoning).

Kisahnya terjadi tahun 2006 lalu. Saat itu Andrew Burd 4 tahun, sudah diberi makan banyak tapi masih merengek minta tambah lagi. Oleh HO si anak lalu diberikan minum air yang dicampurnya beberapa sendok penyedap rasa (creole seasoning) guna menenangkan Andrew. Bukannya malah tenang, Andrew jatuh kelantai, muntah2 dan mengeluhkan badannya kedinginan. Awalnya oleh HO disangka Andrew terkena flu, karena kondisinya memburuk, lalu Andrew dibawa ke RS.

Awalnya dokter kebingungan karena biasalah pasien tidak mau mengungkap seluruh cerita. Baru kemudian dari hasil pemeriksaan darah, didapatkan kadar Natrium yang sangat tinggi didalam darah Andrew. Kadarnya hampir 2 kali lipat dari catatan tertinggi yang pernah ditemukan. Andrew meninggal keesokan harinya. Akibatnya HO pun menjadi tertuduh pembunuhan.
Hypernatremia sesuai dengan namanya adalah keadaan kelebihan Natrium dalam tubuh. Kita juga sering mengalaminya tetapi nggak berat dan bukan karena kelebihan asupan, malainkan akibat hilangnya air dari tubuh contohnya saat tubuh kekurangan cairan (dehidrasi). Obatnya tentu saja pemberian cairan lewat minuman ataupun infus. Contoh lain adalah jika orang hanyut dilaut tanpa air, lalu meminum air laut. Bukannya malah hilang hausnya, malah semakin haus akibat dehidrasi. (Sampai ada pepatah: Seperti meneguk air laut...semakin diteguk semakin haus).

Akibat hypernatremia sel-sel akan mengerut (shrinkage) tidak terkecuali sel otak. Akibat mengerutnya sel otak, bisa mengakibatkan perdarahan otak dan kematian. Penanganannya sendiri cukup sulit. Kadang2 sel otak bisa beradaptasi dengan kedaan hipernatremia, sehingga jika diberikan cairan maka sel-sel otak akan menjadi edem (bengkak), keadaan yang juga bisa menyebabkan kematian.

Makanya dalam pemakai penyedap (seasoning) kudu dikira2. Kalau dapat sih nggak usah lah ya...biar sedapnya alami...dari hasil reaksi berbagai bahan rempah yang ada.

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk