30 December 2009

Gambar USG Trimester I

USG di trimester pertama kehamilan sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi adanya kelainan-kelainan pada awal perkembangan janin seperti keguguran, dan hamil luar kandungan serta memberikan informasi usia kehamilan yang akurat. Tekniknya bisa dilakukan secara trans-abdomen ataupun trans-vagina.

USG trans-abdomen dilakukan dengan kandung kemih terisi penuh, agar hasilnya lebih maksimal. USG trans-vagina dilakukan dengan kandung kemih kosong. Jika tersedia maka USG transvagina lebih baik.

Berikut gambar-gambar USG trimester I:

Kantong Kehamilan (Gestational Sac = GS) (Hamil 5 minggu, gambaran janin belum jelas)
GS merupakan gambaran paling awal pada usg kehamilan. Gambarannya berupa bayangan cincin putih (ekoik) yang bagian tengahnya kosong (gelap). Munculnya sekitar minggu ke -4 dan tumbuh sekitar 1 mm per-hari sampai usia kehamilan 9 minggu.

Yolk Sac (Hamil 7 minggu terlihat janin dan yolk sac)
Saat kehamilan semakin berkembang, bagian yang selanjutnya akan terlihat adalah yolk sac. Bentuknya bulat dan terang. Yolk sac muncuk saat usia hamil 5 minggu dan tubuh tidak dampai melebihi 6 mm. Yolk sacs yang ukurannya lebih dari 6 mm merupakan petunjuk adanya kelainan kehamilan. Tidak terlihatnya yolk sac, ketika GS mencapai 12 mm juga merupakan suatu kelainan kehamilan.

Crown rump length = CRL (Panjang dari puncak kepala ke ujung pantat/ekor).
Istilah CRL dipinjam dari seorang embryologis yang mendapatkan bahwa janin yang diawetkan (dalam alkohol dan formalin) berada dalam posisi seperti duduk sehingga bisa diukur dari puncak kepala ke ujung tumit. Sedangkan dalam pengukuran usg ukuran ini Idi guna salahkan untuk ukuran kepala ke ujung pantat/ekor. Ukuran ini maksimal hanya sampai 12 minggu, jika lebih dari itu ukurannya kurang akurat dan diganti dengan diameter biparietal.

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk