24 December 2009

Involusi paska persalinan

Proses di mana rahim dan organ genitalia lainnya kembali ke kondisi seperti sebelum hamil pada masa paska persalinan / setelah melahirkan disebut involusi. Pengurangan secara bertahap ukuran rahim adalah akibat hilangnya hormon yang dihasilkan plasenta.

Rahim yang beratnya hampir 1 kg (900 gram) sesaat setelah bayi lahir, akan menjadi hanya 60 gram di akhir masa nifas, 6 minggu setelah melahirkan.

Segera setelah melahirkan, tinggi rahim sekitar 5 inci diatas tulang pubis (tulang kemaluan). Kalau diambil ukuran rata2 wanita sekitar setinggi pusat. Pada hari ke 7, ukuran rahim sudah mengecil dengan cepat, yaitu hanya teraba sedikit diatas tulang kemaluan. Ukuran rahim, berkurang dengan kecepatan ½ inci per 24 jam dalam 14 hari pertama paska melahirkan. sampai kembali ukurannya normal setelah 6 minggu.

Involusi leher rahim (serviks) lebih lambat dibanding rahim. Segera setelah bayi lahir, bentuknya pinggirnya tidak rata dan terbuka. Di akhir minggu pertama kelahiran, bentuknya mulai kembali normal. Bagian luarnya masih terbuka 1 jari sedangkan bagian dalamnya sudah tertutup. Dan serviks tidak akan pernah bisa kembali ke bentuk normalnya sebelum pernah hamil.

Involusi vagina juga lebih lambat dari rahim. Rugos(kerutan) dinding vagina akan muncul kembali pada minggu ke 3 paska persalinan. Tapi ukuran dan elastisitasnya tidak akan kembali seperti keadaan sebelum hamil.

Organ panggul lainnya seperti ligamen (penggantung/penahan organ) rahim, otot2 kerampang (perineum), indung telur dan saluran telur (tuba fallopi) juga mengalami involusi dan kembali ke ukuran normalnya seperti sebelum hamil setelah 6 minggu paska persalinan.

Sumber: berbagai sumber

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk