19 June 2008

HARI GINI GAK PUNYA SPERMA ?

Judul tulisan ini nyontek iklan sebuah operator seluler ( nggak disebutin, kecuali pasang iklan (ha-ha 10x). Yah gitu deh...kenyataannya. Ada sebagian kecil pria yang didalam cairan mani (semen) nya tidak ada sperma. Buat yang belon gitu ngerti perumpamaannya sbb : ikan dalam air. sperma adalah ikannya dan cairan mani adalah airnya. Ngerti kan ! Tapi tentunya sperma tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Diperlukan mikrosk0p dan cairan tertentu (reagen) untuk bisa melihat dan menghitung jumlah sperma.

Sebagai gambaran, nilai-nilai normal pemeriksaan sperma adalah : Volume : 2-5 ml, Jumlah sperma: > 20 juta/ml, Gerakan pada 6-8 jam : > 40 %, jumlah sperma yang nggak normal: kurang dari 20 persen dan kadar gula semen (fruktosa): 120-450 mikrog/ml. (dikutip dari bukunya pak Ali Baziad). Pada kasus ketiadaan sperma maka dalam hasil analisa cuma ada volume: sekian cc, jumlah sperma: nihil alias nggak ada.

Penyebab ketiadaan sperma ini bisa bersifat bawaan lahir (congenital) atau didapat (acquired). Beberapa diantaranya : zakar yang nggak turun2 dari rongga perut. Hati2 buat ibu2, anaknya dicek2 juga, gampang kok. Coba raba kantong (scrotum) anak ibu pada saat dimandikan, apakah komplit ada 2 biji, karena kalau telat dioperasi bakal nggak ada keturunan tuh anak kalau sdh gede punya istri). Yang susahnya kalau dari sononya memang sudah nggak ada, maka cuma bisa pasrah aja dah.
Panas bisa jadi biang kerok juga misalnya suka pake celana dalam ketat, mandi berendam di air panas. Gondongan/Baguak (mumps) akan menyebabkan zakar ikut meradang. Setelah sembuh mengecil (atrofi) dan nggak bisa produksi sperma lagi, ini bersifat permanen. Penyebab lain: sumbatan saluran sperma. Dan ada banyak lagi penyebab lainnya. Nggak semuanya disebut disini, ntar bosan.

Nih ada juga warning buat cewek2. Kalau milih pacar (yang serius, bakal jadi dijadiin miswa dan untuk penerus keturunan) jangan seperti membeli kucing dalam karung. Pastikan punya "nya" lengkap jumlahnya. Caranya gimana ? Nggak perlulah di ajarin, sudah pada pandai semuanya.
Bagaimana wanita yang sudah terlanjur nikah dengan pria yang nggak punya sperma ? Kalau cinta berat... tetap pertahankan rumah tangga. Lakukan saja adopsi anak. Beres dah persoalan. (Tidak dianjurkan lho nikah lagi dengan pria "normal" Ntar banyak yang marah ke aku).

Bagaimana cara mengatasi penyebab ketiadaan sperma? Tindakan operasi bisa dilakukan pada yang salurannya tersumbat atau penyebab lain yang bisa dilakukan tindakan bedah. Yang ngerjaiin operasinya dokter ahli bedah saluran kencing (urolog).

Untuk kelainan lain yang tidak bisa dikoreksi ? IKHLAS supaya hidup bisa tenang......... (Pasti nggak rela kan punya anak dari sperma "DONOR" bank sperma ?)

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk