20 June 2008

HYMEN IMPERFORATA = Selaput dara tidak berlubang

Maaf judul tulisan tidak mempergunakan bahasa awam karena alasan tehnis (kata "hymen" lebih banyak dicari ketimbang "selaput dara"). Judul diatas terjemahannya kira2 selaput dara yang nggak ada lobangnya. Nah lho....kok bisa?.

Untuk netter mungkin sebagian besar (bahkan semua) sudah pada tahu bentuk letak selaput dara karena dengan mudah dapat menemukannya di dunia maia, namun bagi orang awam banyak yang nggak tahu bahkan wanita sebagai pemilik "hak paten" masih banyak yang tidak mengetahuinya.

Lokasinya dibawah bibir kecil vagina (labia minor). Bentuknya melingkar di pintu vagina dan memiliki lubang ditengahnya (ANATOMI HYMEN). Pada hymen imperforata lubang ditengahnya nggak ada. Kelainan ini bersifat bawaan. Sering terjadi keterlambatan identifikasi. Karena ibu2 baru membawa anaknya ke dokter jika sudah sampai massa datangnya haid pertama (menarche) si anak nggak haid2 juga. Malah pernah ada kasus dimana si anak dituduh telah hamil karena tidak haid2 dan perutnya semakin mebesar (di kampung lah).

Frekuensi kejadian memang kecil yaitu berkisar antara 1/10.000 - 1/1000 anak perempuan.
Akibat dari kelainan ini adalah terjadinya penumpukan darah yang awalnya di rongga vagina, terus ke rongga rahim dan ke saluran telur (tuba). Rata-rata sorang wanita dewasa normalnya mengeluarkan darah haid perisklus : 35 cc. Untuk anak perempuan mungkin belum sebanyak itu. Kita asumsikan saja sama jumlahnya, maka pertahun darah yang menumpuk 12 x 35 cc = 420 cc (hampir setengah liter). Selanjutnya kalikan saja jumlah tahun terlambat ketahuan dengan jumlah tersebut. Wah....lumayan banyak kan.

Dokter biasanya dengan mudah bisa mengenali kelainan ini dengan pemeriksaan USG. Sedangkan pada pemeriksaan ditemukan vagina yang tidak berlubang dengan penonjolan hymen (Klik disini atau Klik disana)( Mudah2an links tujuan masih oke)


Hasil USG: U= Rahim
V= Vagina, penuh ter-
isi cairan (darah).

Tindakan utama untuk kasus hymen imperforata adalah operasi, namanya hymenotomy. Posedur dilakukan dalam kamar operasi agar terhindar dari infeksi. Dilakukan sayatan berbentuk X, menghasilakn 4 sudut persimpangan, tiap sudut dijahit kearah luar (dasar hymen). Pada saat dilakukan sayatan maka akan keluarlah darah haid yang telah menumpuk sekian lama di rongga vagina dan rahim. Hasil operasi biasanya sangat memuaskan. Dan tidak lupa dibuatkan surat keterangn diatas ketas bermaterai tentang prosedur yang sudah dilakukan pada anak perempuan tersebut. (Hanya di Indonesia diluar nggak tahu, mungkin karena orang kita sangat meng-agung2kan virginitas, atau biar calon suaminya ntar nggak komplen)

PENTING TENTANG HYMEN
  • Tidak semua wanita akan berdarah saat hubungan seks pertama kali
  • Jika tidak berdarah bisa berati tidak perawan, benar atau salah sama sekali
  • Agak sulit menentukan apakah seorang gadis masih virgin, bahkan dengan pemeriksaan ginekologi sekalipun
  • Hymen bukan selaput yang tidak bisa tembus (impermeable) dan ada risiko hamil jika pasangan anda ejakulasi di pintu vagina, bahkan tanpa penetrasi dan tanpa robekan hymen sekalipun.

Silakan sharing via FACEBOOK atau TWITTER dengan meng-Klik tombol diatas jika menurut kamu postingan ini akan bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Artikel lain yang berhubungan dengan:



 
My Ping in TotalPing.com

Ikutan yuk